Sabtu, April 06, 2013

Cuma Pengen Tenar

Wa la tamnun tastaktsir. (sebuah ayat)
Manusia memiliki satu hal yang menjadi kecenderungan umum, yakni mengharapkan imbalan dari amal baik yang ia kerjakan. John Dewey, seorang filosof Amerika mengatakan kalo desakan yang paling dalam pada sifat dasar manusia adalah hasrat untuk menjadi penting. “Memberi” untuk diakui penting oleh publik.
Saya inget wejangan kyai saya, kalo tak salah, waktu pamitan boyong dari pondok. “Menjadi orang penting itu baik, tapi lebih penting menjadi orang baik.” Saya ingat juga sebuah kalimat yang tak ingat dari mana. “Jangan tanyakan apa yang diberikan negara kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negeramu.”
Sama halnya dengan saya. Tapi agak sedikit berbeda. Selama ini saya cuma ingin tenar. Tidak ada (berjalan) aktivitas pemberian.
Untuk saya sendiri, mungkin suka jabatan itu bikin memalukan, bisa buruk (hina).
#nyambung mbuh ora



0 comments:

Posting Komentar